5 Hal Penting yang Seharusnya tidak Dibagikan di Media Sosial

  • Whatsapp
tidak Dibagikan di Media Sosial

mediaakun Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Padahal banyak diantaranya adalah informasi yang seharusnya tidak dibagian di media Sosial.

5 hal yang seharusnya tidak dibagikan di media sosial

1. Screenshot percakapan pribadi

Yang namanya percakapan pribadi seharusnya tidak boleh disebarkan ke orang lain. Sayangnya banyak orang sering memposting screenshot percakapan pribadinya di instastory.
Meski tujuannya hanya untuk lucu-lucuan tapi menyebarkan percakapan pribadi apalagi tanpa izin itu sebenarnya menyebalkan karena secara tidak sadar kamu sudah mengganggu privacy teman-temanmu.

Lagipula jika memang kamu ingin orang melihat apa yang kalian obrolkan, kenapa harus chat di direct message atau whatsapp? Kenapa tidak sejak awal kalian tidak mengobrol di kolom komentar saja?

2. Mengundang orang di media sosial untuk bertemu

Namanya media sosial tidak semua penggunanya jahat, tapi tidak berarti semua orang juga baik.

Untuk itu pastikan kamu berhati-hati dalam memposting apa pun termasuk status media sosial kamu. Sayangnya banyak orang “kelewat polos” dalam menggunakan media sosialnya.

Lewat statusnya banyak orang mengundang teman-teman dunia maya untuk bertemu dan hangout bersama. Oke kamu mungkin sedang kesepian karena semua teman yang kamu hubungi sedang sibuk tapi bukan berarti kamu bisa seenaknya mengajak orang lain yang tidak kamu kenal untuk bertemu.

Bagaimana kalau salah satu diantara mereka punya niat buruk padamu? Karena itu tidak peduli sebosan apa dirimu, kamu tetap harus memikirkan keselamatanmu sendiri.

3. Alamat dan nomor telepon pribadi

Alamat dan nomor telepon menjadi dua hal yang tidak boleh kamu share di media sosial. Seseorang yang tidak bertanggung jawab bisa saja menggunakan informasi pribadi itu untuk kepentingan pribadinya.

Atau yang lebih parah, mereka mungkin akan menggunakan nomer di media sosial untuk meneror kamu. Serem banget kan?
Baca Juga: 5 Hal Menjengkelkan yang Pernah Dilakukan Orang di Media Sosial

4. Status atau informasi keuangan pribadi kamu

Sama seperti alamat dan nomer telepon, kamu juga dilarang keras menunjukkan informasi yang berhubungan dengan keuangan kamu seperti nomer rekening dan informasi perbankan lainnya. Bahkan meski kamu punya banyak uang yang tersimpan dalam kartu atm, kamu harus menahan diri utuk pamer.

Ada banyak alasan kenapa kamu tidak perlu memamerkan keuangan kamu.

Pertama tidak ada gunanya memamerkan isi rekening kamu, karena toh teman-temanmu tidak akan memperdulikannya bahkan menganggap kamu sebagai orang yang menyebalkan.

Kedua memamerkan berapa banyak uang yang kamu miliki sama artinya dengan memancing niat buruk orang lain untuk mencurinya.

5. Lokasi kamu saat ini

mencari sebuah alamat. Dengan fasilitas ini kamu bisa menemukan lokasi seseorang dengan begitu mudah.

Meski keberadaan GPS sangat berguna buatmu disisi lain menyalakan GPS terus menerus juga sangat berbahaya karena membuat keberadaanmu jadi mudah ditemukan oleh banyak orang termasuk para penguntit.

Selain itu menyalakan GPS terus menerus juga akan membuat baterai smartphone kamu jadi cepat habis.

Baca juga: 7 Hal Penting Sebelum Investasi Bitcoin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan