6 Fakta Menarik Bunga Edelweis

  • Whatsapp
Bunga Edelweis
Bunga Edelweis (Foto: ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Warganet mendadak heboh dan saling memberi komentar setelah pasangan muda artis Atta dan Aurel mengunggah foto liburan mereka di kawasan Bromo, Jawa Timur. Unggahan tersebut rupanya mengusik warganet untuk berkomentar lantaran dalam foto itu, Aurel tengah berpose memegang bunga Edelweis.

“Selamat pagi semua..pas kemarin di Bromo dikasih bunga Edelweis sama suami..katanya ini bunga keabadian,” tulis putri Anang Hermansyah dalam caption foto yang ia unggah di kun Instagramnya @aurielie.hermansyah.

Fakta Menarik Bunga Edelweis

Dibalik perdebatan warganet tentang asal usul buket bunga yang dipegang oleh Aurel, termasuk fakta bahwa bunga Edelweis tersebut merupakan hasil budidaya warga setempat yang mereka beli. Berikut beberapa fakta menarik tentang bunga abadi ini.

  1. Edelweis berasal dari kata dalam bahasa Jerman ‘edelweiß’ gabungan ‘edel’ yang artinya mulia dan ‘weiß’ yang berarti putih. Bunga ini banyak ditemukan di ketinggian 1.800 hingga 3.000 meter di atas permukaan laut. Edelweis pertama kali ditemukan oleh naturalis Jerman, Georg Karl Reinwardt di lereng Gunung Gede pada 1819. Riset mengenai bunga keabadian ini pun diilanjutkan oleh botanis Jerman, Carl Heinrich Schultz.
  2. Terdapat dua jenis edelweis, yakni Leontopodium alpium (L. alpinum) dan Anaphalis javanica (A. javanica). alpinum banyak ditemukan di Bulgaria, Kroasia, Swiss, Prancis, Norwegia, India, Italia, Malaysia, Jerman dan juga Spanyol. Sedangkan A. javanica bisa dijumpai di Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Gede Pangranggo, Gunung Ciremai, Gunung Lawu, Gunung Kawi dan Dataran Tinggi Dieng.
  3. Dijuluki ‘bunga abadi’ sebab edelweis mengandung hormon etilen sehingga bunga tidak bisa gugur atau rontok. Bunga ini pun menyiratkan petualangan dan pengorbanan besar sebab mendapatkan bunga ini perlu upaya pendakian menuju habitat aslinya.
  4. Langka dan dilindungi, di sejumlah negara termasuk Indonesia, bunga edelweis termasuk bunga yang dilindungi bahkan oleh Undang-undang. Pencuri atau pemilik bunga tanpa izin bisa dijatuhi hukuman sesuai Undang-undang No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem pasal 33 ayat 1.
  5. Menjadi bunga nasional. Di negara Austria dan Swiss, edelweis diresmikan menjadi bunga nasional. Mengutip CNN Indonesia, orang Swiss yang ingin menunjukkan cinta sejatinya akan menanam bunga ini di lokasi yang cukup menantang untuk dicapai. Swiss dan edelweis ini seperti memiliki hubungan khusus. Menariknya, pangkat militer tertinggi di Swiss menggunakan emblem berbentuk bunga Edelweis.
  6. Edelweis tidak sama seperti bunga pada umumnya. Bunga Edelweis merupakan satu set 500 hingga seribu kuntum bunga kecil yang dikelompokkan dalam beberapa kepala (antara 2 dan 10 di antaranya) dikelilingi oleh 5 hingga 15 kelopak beludru putih.

Baca juga: 12 Klub Sepak Bola yang Lolos Kualifikasi Piala Dunia Asia

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan