20 Juni Hari Ayah Sedunia, Ini Sejarahnya

  • Whatsapp
Hari Ayah Sedunia
gettyimages

Hari Ayah Sedunia diperingati setiap tanggal 20 Juni. Tahun ini, 20 Juni 2021 bertepatan pada hari Minggu. Hari Ayah Sedunia merupakan sebuah peringatan untuk menghormati ayah dan kontribusi ayah bagi keluarga dan masyarakat. Baik ayah kandung, ayah tiri, ayah angkat, kakek, maupun kakek buyut, atau bahkan seseorang yang dianggap seperti ayah.

Lalu, bagaimanakah sejarahnya hingga Hari Ayah Sedunia diperingati setiap tanggal 20 Juni?

Sejarah Hari Ayah Sedunia

Dikutip dari laman Live Science, peringatan Hari Ayah Sedunia bermula ketika seorang gadis bernama Sonora Smart Dodd ingin menghormati ayahnya.

Kisah tersebut terjadi pada Mei 1909 saat Dodd tengah duduk di gereja mendengarkan khotbah soal Hari Ibu. Atas dasar itulah, ia pun ingin memberikan satu hari khusus untuk ayahnya, William Jackson Smart.

Menurut kisahnya, Ibu Dodd telah meninggal dunia saat melahirkannya. Tanggung jawab untuk merawat dan membesarkannya diambil oleh ayahnya yang seorang veteran Perang Sipil. Ayah Dodd pun membesarkan seorang diri, Dodd yang masih bayi itu bersama kelima anaknya yang lain.

Pada tahun berikutnya, Dodd ingin merayakan Hari Ayah pada tanggal 5 Juni, bertepatan dengan hari ulang tahun ayahnya. Dodd pun mengajukan petisi agar libur peringatan tersebut diakui di kotanya.

Karena bukan suatu yang mudah dan cepat untuk mengatur sebuah perayaan, Wali Kota Spokane menunda tanggalnya menjadi dua minggu. Hari Ayah pertama dirayakan pada 19 Juni 1920, menurut Biro Pengunjung dan Konvensi Regional Spokane.

Pada perayaan pertama itu, para perempuan muda membagikan mawar merah kepada ayah mereka selama kebaktian gereja. Warna merah untuk yang masih hidup, dan putih untuk mengenang almarhum.

Tidak ketinggalan Dodd pun membawa mawar dan hadian untuk ayahnya yang berada di rumah.

Pada tahun 1924, Presiden AS ke-30 Calvin Coolidge menyatakan dukungannya kepada Dodd, untuk membangun hubungan yang lebih dekat antara ayah dan anak-anak mereka. Serta untuk memberi kesan kepada para ayah tentang kewajiban mereka sepenuhnya.

Pada tahun 1972, Presiden ke-37 AS, Nixon, akhirnya menandatangani undang-undang publik yang menjadi peringatan Hari Ayah sebagai hari libur permanen.

Sejak saat itulah, Hari Ayah Sedunia mulai diperingati pada 20 Juni, untuk lebih mengenal sosok dan figur ayah dalam kehidupan kita. Dan di Indonesia sendiri, merayakan Hari Ayah Nasional setiap tanggal 12 November.

 

Sumber : Kompas.tv

Baca juga: 4 Perilaku Ini Termasuk Body Shaming

Pos terkait

Tinggalkan Balasan