Rekomendasi Air Purifier dengan HEPA, Harga Mulai 1 Jutaan

  • Whatsapp

Baru-baru ini, Centers for Disease Control (CDC) atau Pusat pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengungkapkan hasil penelitiannya tentang perangkat air purifier dengan high-efficiency particulate air (HEPA) dinilai efektif untuk mencegah penularan COVID-19 dalam ruangan.

Virus Corona SARS-CoV-2 diketahui mampu menyebar dengan cepat melalui airborne atau udara. Risiko terpapar virus ini akan lebih tinggi saat seseorang berada dalam satu ruangan tertutup dengan orang yang terinfeksi virus.

Bacaan Lainnya

Melansir IDN Times, CDC mengungkapkan bahwa sistem ventilasi bisa dilengkapi dengan air purifier yang didukung dengan teknologi HEPA cleaner untuk mengurangi jumlah partikel infeksi di udara.

Guna membuktikan hipotesis tersebut, tim peneliti CDC memakai simulator pernapasan untuk ‘meniru’ seseorang yang terkena COVID-19. Hasilnya, jika tidak memakai masker, penambahan dua pembersih udara (air purifier) HEPA, mampu mengurangi partikel aerosol hingga 65 persen.

Sedangkan jika menggunakan masker tanpa air purifier HEPA, mampu mengurangi konsentrasi aerosol hingga 72 persen. Bila dua HEPA cleaner dipadukan dengan pemakaian masker, dapat mengurangi partikel aerosol hingga 90 persen.

Mengutip Orami.id, HEPA merupakan jenis filter udara mekanis yang bekerja dengan menyaring 99,97 persen debu, serbuk sari, jamur, bakteri dan partikel udara appaun dengan ukuran 0,3 mikron.

Berikut rekomendasi air purifier dengan teknologi HEPA dengan harga mulai 1 jutaan.

1. Xiaomi Mi Air Purifier 3C

Air Purifier
mi.co.id

Alat pembersih udara merek Xiaomi ini dapat memastikan udara bersih sepanjang hari. Selain filter HEPA, penjernih udara ini memiliki spesifikasi Clean Air Delivery Rate atau bisa memasok udara bersih sebanyak 320 meter kubik per jam, tanpa mengeluarkan suara berisik.

Dengan sistem sirkulasi tiga dimensi 360 derajat, dapat membantu memurnikanudara dalam ruangan 106 meter persegi satu kali per jam, untuk memberikan udara segar secara cepat.

Dilengkapi dengan latyar LED di bagian depan, Anda dapat melihat informasi secara real time yang akurat untuk kadar partikel PM2.5, status Wi-Fi dan mode pengoperasian.

Menariknya, selain menggunakan aplikasi Mi Home, Anda juga dapat mengontrolnya dengan aplikasi Google Assistant atau Alexa. Mi Air Purfier ini dibaderol dengan harga Rp1.600.000-an.

2. Sharp FP-F30Y

Air Purifier
sharp-id.com

Masih di kisaran harga Rp1,5juta, merk elektronik yang sudah mendunia, Sharp, juga menghadirkan air purifier dengan teknologi HEPA. Sharp dikenal memiliki teknologi andalan, plasma cluster. Teknologi ini diklaim mampu menghalau berbagai jenisvirus maupun mikroba. Sehingga menjadikan udara di ruanagn Anda semakin bersih dan sehat.

Sharp FP-F30Y disebut memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dalam ruangan dengan luas 21 meter persegi.

Tidak hanya itu, penejrnih udara ini juga memiliki variasi kesepatan seperti max, low dan high. Selain itu, keberadaan teknologi plasma cluster juga mampu memproduksi ion positif serta negatis deperti halnya yang ada di alam.

3. Samsung AX40R DLX Air Purifier with Air Sensing Light

Air Purifier
samsung.com

Merek legenda ini juga memiliki perangkat elektronik penjernih udara yang dapat menjaga kualitas udara tetap baik dan bersih di dalam rumah. Melalui tiga filter yang tersemat di dalamnya, air purifier Samsung ini diklaim mampu memeriksa polusi udara lebih intuitif.

Ketiga filter tersebut adalah, filter untuk menyaring debu berukuran besar. Untuk kemudian difilter lagi pada lapisan kedua untuk diolah dengan activated carbon deodorization yang ebrguna untuk menghilangkan bau dan gas berbahaya. Filter terakhir merupakan filter unggulannya, yakni filter dengan teknologi HEPA, yang mampu menyaring partikelo super kecil, termasuk bakteri dan virus.

Terdapat pula fitur sensor debu dan gan untuk memantau kualitas udara, sehingga otomatis dapat mengoptimalkan mode.

Selain itu, teknologi Air Sensing Light berfungsi untuk menunjukkan status udara, sehingga Andda dapat mengetahui seberapa bersih udara bahkan dari kejauhan.

Samsung AX40R DLX Air Purifier with Air Sensing Light ini dibanderol dengan harga Rp2.339.000-an.

 

Baca juga: Layanan Telemedicine untuk Pasien Isoman Covid Sudah Berlaku, Ini 11 Platformnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan