Mengulik “PPKM Singkatan dari” Mulai dari Singkatan Resmi Hingga Plesetan

  • Whatsapp
ppkm singkatan dari
PPKM Kota Bandung (foto istimewa)

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengumumkan kebijakan PPKM Darurat. PPKM singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat) yang resmi dimulai pada tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021, untuk wilayah Jawa dan Bali

Kebijakan ini tentunya dilakukan atas dasar kasus positif COVID-19 yang tinggi dan sebagai upaya memutus rantai penularan virus Corona. Kebijakan PPKM Darurat pun menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Di tengah pemberlakuan PPKM Darurat yang menimbulkan pro dan kontra, sejumlah warganet unjuk kreatifitas di laman media sosial Twitter dengan mengusung plesetan singkatan PPKM.

Plesetan “PPKM singkatan dari”

Salah satunya adalah kicauan dari akun @pelukismalam86 yang membuat daftar panjang “PPKM singkatan dari apa” menurut versinya.

Arti singkatan PPKM CHECK!!!!

1. Pernah Putus Karena Martabak

2. Pengen Peluk kamu Mba/Mas

3. Photo Profil Kamu Manis

4. Pelan-Pelan Kita Menjauh

5. Pingin Peluk Kamu Melulu

6. Pernah Percaya Kemudian Menyesal

7. Pernah Perhatian Kemudian Menghilang

8. Pernah Patah Karena Mengalah

9. Pengen Pepet Kamu Terus

10. Penjelasan Perencanaan Kapan Menikah

11. Pemberlakuan Pembatasan Komunikasi Mantan

12. Para Pejabat Korupsi Miliaran

13. Pinter Pinter Kibulin Masyarakat

14. Pernah Patah Karena Maksa

15. Penak Penak Kok Mandek

Tulis akun ghaffi.pongkreng (@pelukismalam86) 4 Juli 2021

“PPKM singkatan dari PERNAH PERHATIAN KEMUDIAN MENGHILANG. Ciaaaat ckckck,” tulis @dwirrahmantyyy) 5 Juli 2021

Lebih jenaka dan realistis, akun dengan nama pengguna @FaridFajarN) yang mengatakan bahwa PPKM singkatan dari Pemuda Pemudi Kurang Money.

“PPKM untuk saya sendiri merupakan singkatan dari Pemuda Pemudi Kurang Money,” tulisnya.

Namun ada juga yang sedikit menunjukkan kekesalannya dan menyebut bahwa PPKm singkatan dari Program Percepatan Kemiskinan Masyarakat.

“PPKM adalah singkatan PROGRAM PERCEPATAN KEMISKINAN MASYARAKAT,” tulis @AdenBojes.

Singkatan PPKM yang sempat menjadi trending topik di Twitter itu juga menyinggung Presiden Joko Widodo. Sejumlah warganet menyebut PPKm singkatan dari “Pak Presiden Kapan Mundur”. Masih dengan topik politik, ada juga warganet yang menyebutkan PPKM singkatan dari “Petugas Partai Kapan Mundur”.

Mulai dari singkatan yang dikaitkan dengan pemerintah, politik dan kejenakaan, ada pula warganet yang mengungkap bahwa PPKM adalah singkatan dari Pulang Pergi Kena Macet.

“Hari ini udah liat orang bikin singkatan ppkm aka “pulang pergi kena macet” sama “pelan pelan kita miskin” emang netizen Indo ada aja idenya,” tulis @ironicthrone.

Saat ini kebijakan PPKM Darurat sudah sepekan dilaksanakan. Terdapat banyak kritik dari masyarakat atas kebijakan ini, seperti kemacetan parah yang dialami warga Jakarta di tol dalam kota, Kalimalang Bekasi, hingga jalur Pasar Mnggu Depok.

Selain itu, beberapa warganet juga mengkritik pemerintah pusat yang hanya galak kepada warga sendiri. Sementara warga asing (WNA) dibiarkan keluar masuk Indonesia dengan bebsa di kala PPKM Darurat.

Sumber: CNN Indonesia

Baca juga: 10 Aturan PPKM Mikro Terbaru, Berlaku Mulai 22 Juni

Pos terkait

Tinggalkan Balasan