Kimia Farma Layani Vaksin Sinopharm Mulai 12 Juli, Ini Daftar Harganya

  • Whatsapp
Sinopharm
(foto: Reuters)

Vaksinasi Gotong Royong (VGR) alias vaksinasi individu dan berbayar, diselenggarakan oleh PT Kimia Farma Tbk mulai Senin (12/7/2021). Program vaksinani gotong-royong ini diputuskan akan menggunakan vaksin buatan Sinopharm.

Agus Chandra, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Kimia Farma Diagnostik menyebutkan akan ada 8 klinik yang melayani vaksin Sinopharm berbayar ini. Di antaranya adalah:

Bacaan Lainnya
  • Klinik KFD di Pulo Gadung, Jakarta Timur
  • KFD Senen, Jakarta Pusat
  • KF Blok M, Jakarta Selatan
  • KF Supratman, Bandung
  • KF Citarum,Semaranf
  • KF Sukoharjo. Solo
  • KF Sedati, Surabaya
  • KF Batubulan, Bali

Agus juga menyatakan bahwa kapasitas maksimal VGR untuk delapan klinik ini adalah 1.700 peserta per hari.

Pelaksanaan VGR individu ini mengacu pada Permenken Nomor 19 Tahun 2021 yang menyebutkan bahwa vaksinasi gotong royong merupakan vaksinasi bagi individu atau perorangan yang pendanaannya dibebankan kepada yang bersangkutan.

Selain itu, VGR juga diperuntukkan bagi karyawan, keluarga atau individu lain terkait dalam keluara yang pendanaannya ditanggung atau dibebankan pada badan hukum atau badan usaha yang menaunginya.

Apa itu vaksin Sinopharm

Vaksin Sinopharm merupakan salah satu vaksin COVID-19 yang menggunakan partikel virus yang dimatikan untuk memicu kekebalan terhadap virus tanpa adanya risiko respons penyakit serius.

Melansir Kompas, WHO melakukan uji coba fase 3 di berbagai negara yang menunjukkan bahwa dua dosis Sinopharm dengan interval 21 hari memiliki efikasi sebesar 79 persen terhadap virus Corona.

Selain itu, vaksin ini juga telah mengantongi sertifikat halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga telah menyatakan vaksin Sinopharm aman digunakan.

Harga Vaksin

Pada Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK 01.07/Menkes/4643/2021 tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharm dijelasakan, harga vaksin ini adalah sebesar Rp321.660 per dosisis. Sedangkan tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp117.910 per dosis.

Penerima vaksin gotong royong nantinya akan mendapatkan dua dosis vaksin, sama seperti pemberian vaksin lainnya. Jadi, untuk dapat mengikuti program Vaksinasi Gotong Royong ini Anda harus membayarkan sebesar RP879.140 untuk dua dosis vaksin.

Baca juga: Layanan Telemedicine untuk Pasien Isoman Covid Sudah Berlaku, Ini 11 Platformnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan