Siap-siap Prakerja Gelombang 18 Segera Dibuka, Simak Cara Daftarnya

  • Whatsapp
Prakerja Gelombang 18
Halaman beranda portal resmi prakerja.go.id

Program kartu Prakerja gelombang 18 akan segera dibuka. Program kartu Prakerja adalah program yang diperuntukkan bagi masyarakat yang sedang mencari kerja maupun yang sudah bekerja.

Program kartu prakerja dipastikan akan segera dibuka kembali untuk Prakerja gelombang 18 pada semester 2 tahun 2021 ini.

Prakerja gelombang 18 ditafsirkan akan dilaksanakan sekitar bulan Juli hingga Agustus 2021.

Seperti yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Senin 5 Juli 2021, Prakerja gelombang 18 ini diperuntukkan kepada 2,8 juta penerima.

“Program Prakerja untuk 2,8 juta peserta juga bisa dieksekusi pada bulan Agustus ini,” ungkap Sri Mulyani yang dikutip dari Pikiran Rakyat pada Kamis (29/7).

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK maupun pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Syarat Mendaftar Prakerja Gelombang 18

Berikut adalah syarat-syarat pendaftar yang diperkenankan untuk mengikuti program Kartu Prakerja:

  1. WNI berusia 18 tahun ke atas
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  3. Sedang mencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil
  4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19
  5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 Kartu Keluarga yang menjadi Penerima Kartu Prakerja

7 Langkah Mendapatkan Kartu Prakerja

1. Pendaftaran

Anda dapat mendaftarkan diri melalui portal resmi prakerja.go.id dengan memasukkan alamat e-mail, NIK, nomor KK dan nomor HP yang masih aktif untuk mendaftar.

2. Seleksi

Setelah mendaftarkan diri, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk dapat mengikuti seleksi gelombang dan tunggu pengumuman hasilnya.

3. Pilih pelatihan

Setelah dinyatakan diterima dan berhak mendapatkan program kartu Prakerja, pilih pelatihan yang Anda minati di Mitra Platform Digital. Lakukan pembayaran untuk pelatihan tersebut dengan Kartu Prakerja.

4. Ikuti pelatihan

Ikuti pelatihan yang telah Anda beli. Dalam pelatihan tersebut, Anda juga diwajibkan untuk mengikuti tes agar bisa mendapatkan sertifikat.

5. Beri rating dan ulasan

Setelah menyelesaikan serangkaian pelatihan dan tes, beri rating dan ulasan pada pelatihan yang Anda ikuti di Mitra Platform Digital.

6. Insentif biaya mencari kerja

Insentif biaya untuk mencari kerja akan dicairkan setelah Anda menyelesaikan pelatihan pertama. Sambungkan e-wallet atau rekening bank ke salah satu Mitra Pembayaran untuk mendapatkan insentif. Anda akan mendapatkan insentif sebesar Rp600.000 perbulan selama empat bulan.

7. Insentif pengisian survei evaluasi

Selain mendapatkan saldo pelatihan prakerja dan insentif biaya mencari kerja, Anda juga berhak mendapatkan insentif dari pengisian survei yang dilakukan. Anda akan mendapatkan insentif sebesar Rp50.000 setiap survei untuk tiga kali pengisian survei dan evaluasi.

Siapkan diri Anda untuk mendaftarkan diri pada program Kartu Prakerja gelombang 18. Pantau terus media sosial Prakerja untuk mendapatkan informasi dan jadwal pembukaan Kartu Prakerja gelombang 18.

 

Baca juga: Bantuan Kuota Internet Masih Berlanjut, Ini Cara Daftarnya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan