Hari Libur Nasional Agustus 2021, Tahun Baru Islam hingga Kemerdekaan RI

  • Whatsapp
Agustus 2021

Memasuki bulan kedua di semester dua tahun 2021 ini terdapat perayaan dan peringatan hari besar yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2021.

Seperti yang diketahui, bulan Agustus merupakan bulan kemerdekaan Republik Indonesia. Di bulan Agustus tahun ini terdapat dua hari libur nasional yaitu Tahun Baru Islam dan Hari Kemerdekaan RI.

Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H jatuh pada hari Selasa, 10 Agustus 2021 menurut penetapan kalender. Sedangkan Hari Kemerdekaan RI jatuh pada hari Selasa, 17 Agustus 2021.

Perubahan Hari Libur Agustus 2021

Pada bulan Juni lalu, pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa pemerintah memutuskan untuk mengganti dua hari libur nasional.

Salah satu hari libur nasional yang diganti atau digeser adalah peringatan Tahun Baru Islam.

Sedianya peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H bertepatan pada tanggal 10 Agustus 2021. Dengan adanya peraturan tersebut, maka peringatan Tahun Baru Islam digeser menjadi Rabu, 11 Agustus 2021.

Sementara untuk libur Hari Kemerdekaan RI tetap dilaksanakan pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Peringatan Hari Kemerdekaan Ke-76

Dalam masa pandemi COVID-19, peringatan HUT RI ke-76 tahun ini dilaksanakan dengan sangat terbatas.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya peringatan Hari Kemerdekaan digelar dengan sangat meriah, maka sejak adanya pandemi COVID-19 peringatan HUT RI dilaksanakan dengan sangatterbatas.

Salah satu momen peringatan Kemerdekaan yang ditunggu adalah Upacara Detik-detik Proklamasi yang diselenggarakan di Istana Negara.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyebut bahwa upacara peringatan HUT RI ke-76 tahun ini akan tetap digelar meski dalam situasi pandemi COVID-19.

Sama seperti tahun lalu, upacara diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketata dengan tamu undangan sangat terbatas. Sementara itu, masyarakat tetap dapat mengikuti upacara secara virtual.

“Pemerintah masih menjalankan upacara digelar secara minimalis, juga sesuai protokol kesehatan ketat dan masyarakat berpartisipasi secara daring,” ujar Pratikno dalam konferensi pers virtual Jumat (30/7) mengutip Kontan.

Selain upacara kemerdekaan, pemerintah juga akan menggelar beragam perlombaan, panggung hiburan, pertunjukan seni dan kegiatan lainnya selama bulan Agustus 2021 yang diperingati sebagai bulan Kemerdekaan.

Pemerintah juga mengimbau masyarakat yang akan merayakan hari Kemerdekaan harus melaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

 

Baca juga: Hasil Sidang BPUPKI, Perumusan 5 Dasar Negara

Pos terkait

Tinggalkan Balasan