5 Fakta Tentang PNS yang Perlu Anda Ketahui, Apa Saja?

  • Whatsapp
PNS

Pendaftaran CPNS tahun 2021 telah memasuki tahap seleksi administrasi. Jutaan orang telah mendaftarkan dirinya untuk mengabdi kepada negara dengan menjadi PNS.

Menjadi PNS merupakan cita-cita mulia bagi sebagian orang. Mereka memiliki keyakinan bahwa menjadi PNS sudah barang tentu hidupnya akan terjamin hingga masa tua nanti.

Bacaan Lainnya

Tak ayal, dari jutaan orang tersebut rela mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk dapat mengikuti seleksi CPNS dengan maksimal.

Namun, apakah benar demikian kenyataannya? Berikut fakta-fakta tentang PNS yang perlu Anda ketahui yang dirangkum dari Campus Pedia:

1. Gaji pokok PNS lebih kecil dibandingkan gaji teller bank swasta

PNS

(foto: Unsplash)Mayoritas orang memiliki motif utama untuk jadi jadi PNS karena mendapatkan gaji yang besar. Berdasarkan beberapa survei terhadap PNS, mereka mengaku bahwa gaji pokok yang diterima bahkan lebih kecil daripada menjadi teller bank swasta.

PNS yang berhasil memiliki gaji tinggi adalah buah dari usaha mereka sendiri. Penghasilan tambahan yang biasa didapat oleh PNS berasal dari honor kegiatan, perjalanan dinas, tunjangan jabatan dan tunjangan-tunjangan yang berbeda dari setiap Kementrian maupun instansi.

2. Menjadi PNS bukan berarti bisa bekerja santai

PNS
(foto: Unsplash)

Stigma yang melekat di sebagian oknum PNS adalah kerja gabut dan santai. Namun stigma tersebut merupakan salah besar. Setiap PNS disumpah untuk menjalankan pekerjaan dan melayani masyarakat dengan baik. Pemerintah juga kerap melakukan sidak dan razia berkala untuk menjaring para pegawai yang tidak bertanggungjawab.

Bahkan tidak jarang para ASN yang duduk di kantor itu mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan latar belakang mereka. Contohnya adalah pegawai dengan latar belakang ilmu komunikasi, namun ia dibebankan tugas utama sebagai bendahara keuangan. Sungguh mindblown bukan?

3. Koneksi atau orang dalam merupakan jalan pintas untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil

Koneksi dari orang dalam alias praktik nepotisme sudah menjadi rahasia umum pada proses penerimaan CPNS. Namun hal tersebut bkan merupakan mutlak sebagai fakta.

Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaksanakan seleksi penerimaan CPNS dengan sangat ketat. Dimulai saat proses pendaftaran, peserta akan dihadapkan dengan portal resmi yang terintegrasi.

Dalam proses seleksi dilaksanakan serangkaian ujian atau tes yang berbasis Computer Assisted Test (CAT). Saat mengerjakan tes tersebut, hasil akan langsung ditampilkan apakah peserta lolos atau tidak. Selain itu, dalam proses seleksi juga dilaksanakan dengan sangat ketat. Sehingga kecurangan dan nepotisme dapat diminimalisir.

4. Menjadi PNS bebas dari PHK? Belum tentu

PNS

Di kalangan masyarakat, mereka sering mengangggap bahwa menjadi PNS pasti sangat kebal akan masalah pemecatan atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Terkadang mereka mengira hukuman terberat yang diterima oleh seorang Pegawai Negeri Sipil adalah mutasi atau rotasi.

Pada kenyataannya, kinerja seorang pegawai akan terus dipantau dan dinilai oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Jika terdapat kesalahan, sudah barang tentu ada sanksinya dan tidak menutup kemungkinan sanksi terberat adalah pencopotan jabatan.

5. Harus netral terhadap politik

Menjadi Pegawai Negeri Sipil mengharuskan Anda untuk netral dan tidak mendukung partai politik tertentu. mereka dilarang menunjukkan sikap yang menggiring opini terhadap sesuatu yang berbau politik.

Salah satu contoh kasusnya adalah, ada seorang PNS yang mengunggah swafotonya dengan salah satu kandidat legislatif di wilayah tertentu. Pegawai tersebut seketika mendapatkan sanksi administratif karena telah melanggar kode etik.

Itulah beberapa fakta yang harus Anda ketahui saat ingin memutuskan untuk terjun menjadi Pegawai Negeri Sipil dan mengabdi kepada negara dan masyarakat.

 

Baca juga: Daftar Lengkap Formasi CPNS 2021 Untuk Lulusan S1

Pos terkait

Tinggalkan Balasan