Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah 1443 H

  • Whatsapp
Doa akhir tahun

Memasuki hari terakhir di bulan Dzulhijjah pada sistem kalender Islam, umat Muslim akan merayakan datangnya tahun baru Islam. Dalam peringatan tersebut, umat Muslim dianjurkan utnuk membaca doa akhir tahun dan awal tahun.

Umat Islam dianjurkan untuk membaca doa akhir tahun pada 30 Dzulhijjah setelah shalat Asar yang bertepatan pada hari Senin, 9 Agustus 2021.

Bacaan Lainnya

Sedangkan doa awal tahun dibaca pada malam 1 Muharram setelah shalat Maghrib pada hari Senin, 9 Agustus 2021 yang menjadi penanda masuknya tahun baru Islam 1443 H.

Melansir NU Online, Mufti Jakarta abad ke 19-20 M, Habib Utsman bin Yahya dalam karyanya yang berisikan kumpulan doa, Maslakul Akhyar, memuat doa awal dan doa akhir tahun.

Doa Akhir Tahun

Berikut ini adalah warid doa akhir tahun yang dianjurkan Rasulullah SAW. Doa akhir tahun ini dibaca sebanyak tiga kali setelah masuk waktu shalat Asar hingga sebelum waktu Maghrib pada hari terakhir bulan Dzulhijjah.

  اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Artinya: Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertaubat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk taubat-sementara aku emnerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku,aku berharap Kau emnerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Doa Awal Tahun

Sedangkan untuk doa awal tahun, dibaca setelah Maghrib pada malam 1 Muharram dengan harapan Allah menganugerahkan rahmat, lindungan, kesehatan, keharmonisan, keselamatan, kelapangan rezeki, jodoh, karir, wafat husnul khatimah dan berbagai kebaikan lainnya.

 

   اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Artinya: Tuhanku, Kau Yang Abadi, Qadim dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongkuberlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmatMu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Doa wala tahun ini dibaca sebanyak tiga kali dalam rangka menyambut tahun baru. Dengan doa ini, umat Muslim berharap anugerah dan kemurahan Allah tercurahkan pada tahun baru kedepan.

Demikian pula hendaknya untuk mengisi pergantian tahun dengan amalan terbaik. Seperti memperbanyak bacaan shalawat, istighfar, emmbaca al-Quran, sedekah dan ibadah lain.

Baca juga: Memperingati Tahun Baru Islam 1443 H, Ini Sejarahnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan