5 Pahlawan Kemerdekaan di Balik Detik-detik Proklamasi

  • Whatsapp
pahlawan kemerdekaan

Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 pada hari ini (17/8), tidak lengkap rasanya jika merayakan Kemerdekaan tanpa mengenang jasa pahlawan kemerdekaan.

Lika-liku perjuangan pahlawan kemerdekaan untuk melawan penjajah bangsa hingga bisa memerdekakan seluruh rakyat, patut menjadi teladan dan contoh untuk generasi penerus bangsa.

Bacaan Lainnya

Dari pahlawan-pahlawan ini, penerus bangsa akan mendapatkan pelajaran tentang semangat perjuangan. Selain itu, mereka juga akan belajar untuk berani dan tak pantang menyerah dalam melakukan sesuatu yang dianggap benar.

Kemerdekaan Indonesia dilatarbelakangi peristiwa proklamasi yang dibacakan oleh Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta. Tokoh-tokoh penting yang terlibat juga turut berperan dalam menyukseskan perjuangan bangsa dalam mencapai kemerdekaan Indonesia.

Proklamasi menjadi ujung tombak dari segala perjuangan dan pengorbanan yang telah dicurahkan pejuang Indonesia. Para tokoh proklamasi ini menjadi pahlawan kemerdekaan yang berperan merumuskan, menyusun, hingga melaksanakan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Pahlawan Kemerdekaan Indonesia dan Perannya

Dalam buku Seri Pengenalan Tokoh: Sekitar Proklamasi Kemerdekaan oleh Riris Sarumpaet yang dilansir dari Kumparan, berikut beberapa tokoh pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia:

1. Ahmad Soebardjo

Pahlawan Kemerdekaan
Ahmad Soebardjo bersama Bung Karno dan Bung Hatta

Ahmad Soebardjo turut menyukseskan terjadinya proklamasi yang diproklamirkan oleh Soekarno dan Hatta. Ia berperan membawa mereka kembali ke Jakarta setelah dibawa dengan paksa oleh golongan pemuda ke Rengasdengklok.

Perjalanan Soebardjo ke Rengasdengklok penuh dengan rintangan yang bahaya. Pasalnya, saat itu tentara Jepang masih berkedudukan di Indonesia, khususnya di wilayah Jakarta.

Rintangan tersebut tidak menyurutkan langkahnya untuk menyelamatkan kedua pemimpin bangsa Indonesia tersebut.

Setibanya di lokasi, Ahmad Soebardjo berhasil membujuk para pemuda yang menyembunyikan Soekarno dan Hatta agar membawanya kembali ke Jakarta.

Ia juga meyakinkan para pemuda bahwa Soekarno dan Hatta akan segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Ahmad Soebardjo menjadi salah satu tokoh penting sebagai pahlawan kemerdekaan yang terlibat langsung dalam penyususnan naskah proklamasi. Soekarno menuliskan konsep teks proklamasi di atas secarik kertas, sedangkan Mohammad Hatta dan Ahmad Soebardjo menyumbangkan pemikiran mereka secara lisan.

2. Soekarni

Pahlawan Kemerdekaan
Soekarni dan Tan Malaka

Soekarni Kartodiwirjo merupakan salah satu tokoh pejuang dan pahlawan kemerdekaan Indonesia. Pria yang lahir pada 14 Juli 1916 ini merupakan bagian dari golongan muda.

Soekarni adalah orang penting dalam kelompok pemuda zaman Jepang. Bersama Chaerul Saleh, yang seumuran dengannya, ia memimpin Asrama Menteng 31 di Jakarta. “Sukarni pertama-tama tampak bangga melihat pistol yang dipakainya dan setumpuk uang kertas, yang harus digunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan perjuangan,” tulis Harry Poeze dalam Tan Malaka, Gerakan kiri, dan Revolusi Indonesia: Agustus 1945-Maret 1946.

Ia mengusulkan Soekarno dan Mohammad Hatta untuk menandatangani teks proklamasi. Bersama dengan para anggota golongan muda lainnya, Soekarni mendesak Bung Karno dan Bung Hatta utnuk mempercepat proklamasi kemerdekaan indonesia.

3. Sayuti Melik

Pahlawan Kemerdekaan
Sayuti Melik

Nama Sayuti Melik dikenal sebagai pahlawan kemerdekaan yang mengetik naskah proklamasi. Ia dipercaya oleh Soekarno utnuk mengetik naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Setelah naskah dibuat, teks proklamasi dibawa ke ruang muka tempat anggota PPKI.

Naskah kemudian ditandatangani oleh Soekaro-Hatta dengan mengatasnamakan bangsa Indonesia. Soekarno kemudian memerintahkan Sayuti Melik untuk mengetik naskah tersebut sesuai dengan tulisannya, disertai dengan perubahan-perubahan yang telah disetujui.

4. Fatmawati

Pahlawan Kemerdekaan
Fatmawati saat menjahit bendera pusaka Merah Putih

Istri dari Ir. Soekarno ini juga turut terlibat dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia. Ia berperan dalam menjahit bendera Merah-Putih untuk dikibarkan pada upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

5. Latief Hendraningrat

Pahlawan Kemerdekaan
Latief Hendraniingrat saat mengibarkan bendera Merah Putih pada upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia

Latief Hendraningrat merupakan pejuang yang tergabung dalam Pembela Tanah Air (PETA). Ia turut berperan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menaikkan bendera pusaka saat upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.

Baca juga: 6 Fakta Tersembunyi Proklamasi yang Wajib Anda Ketahui

Pos terkait

Tinggalkan Balasan