Unik! CIA Memiliki Robot Mata-mata Berbentuk Ikan Lele

  • Whatsapp
Charlie, robot mata-mata CIA

Berhati-hatilah bagi Anda yang suka memancing. Jangan-jangan ikan yang nyangkut di kali adalah robot mata-mata milik Central Intelligence of Americ (CIA), Badan intelelijen Amerika yang berbentuk ikan lele.

Sejak diluncurkan, tak banyak yang bisa diketahui mengenai robot mata-mata ini. Pasalnya, CIA mengklasifikasikan operasi yang dilakukan robot Charlie sebagai rahasia. Beruntungnya, berkat laporan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), kita bisa mengetahui tugas robot ini.

Dalam aksinya, Charlie dikendalikan menggunakan handset radio line-of-sight. Pergerakan robot ikan buatan CIA ini begitu halus mirip sekali dengan aslinya.

Sayangnya tidak diketahui secara pasti tugas Charlie dalam operasi intelijen. Namun diduga kuat Charlie digunakan untuk mengumpulkan sampel air di suatu daerah.

“Charlie adalah Kendaraan Bawah Laut nirawak (Unmanned Underwater Vehicle/UUV) yang dirancang khusus untuk mengumpulkan sampel air secara diam-diam. Kendaraan ini digerakan dari jarak dekat oleh pilot menggunakan remot,” terang IEEE melalui laman Spectrum, beberapa waktu lalu

Sayangnya, CIA enggan membagikan lebih lanjut terkait material yang dipakai serta komponen yang menyusun. Yang disampaikan hanyalah lambung robot berisi lambung bertekanan tinggi, sistem pemberat, serta sistem komunikasi.

Baca juga: Resmi Dirilis, ini Keunggulan Xiaomi Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro

Pos terkait

Tinggalkan Balasan