Trip Dua Hari di Blitar? Ini Destinasi Wisata yang Wajib Anda Kunjungi

  • Whatsapp
Wisata Blitar
Destinasi wisata di Blitar (foto: Juragan Berita/Salmahda)

Liburan menjadi salah satu momen yang ditunggu untuk melepas penat setelah melakukan berbagai aktivitas. Liburan tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke tempat wisata untuk menyegarkan kembali pikiran.

Berbicara mengenai destinasi wisata, Jawa Timur menjadi salah satu surganya tempat wisata, salah satunya Blitar.

Blitar merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Memiliki garis pantai yang cukup panjang menjadikan Blitar memiliki potensi wisata pantai yang sangat indah.

Di sisi utara, Blitar berada tepat di kaki Gunung Kelud, salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Tidak heran, jika berkunjung ke Blitar Anda akan disambut dengan udara sejuk dan lingkungan yang asri.

Ketika mendengar kata “Blitar” yang terlintas di benak Anda pertama kali mungkin adalah tempat dimakamkannya Sang Proklamator Indonesia Ir. Soekarno. Selain Makam Bung Karno, Blitar menyimpan banyak hidden gem destinasi wisata yang siap memanjakan Anda.

Sebelum melakukan perjalanan wisata ke Blitar, alangkah baiknya jika Anda menyiapkan bucket list tujuan wisata dan rencana perjalanan. Berikut rekomendasi destinasi wisata pilihan yang dapat Anda kunjungi selama berada di Kota Proklamator.

Hari Pertama:

Kawasan Makam Bung Karno

Menikmati pagi hari di kota Blitar, Anda dapat mengunjungi Makam Presiden Soekarno yang terletak di Kawasan Wisata Makam Bung Karno (MBK) Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, berjarak sekitar 2 km dari pusat kota Blitar.

Kawasan Makam Bung Karno juga memiliki fasilitas museum dan perpustakaan yang terletak satu kompleks dengan makam Ir. Soekarno.

Di sini Anda dan keluarga bisa melakukan wisata sejarah dengan melihat peninggalan-peninggalan Bung Karno berupa foto-foto serta beberapa benda yang tersimpan dan tertata rapi di dalam Museum Bung Karno yang berada di selatan area makam.

Di samping gedung museum, terletak bangunan perpustakaan yang menyimpan berbagai koleksi buku dan buku-buku seputar Bung Karno.

Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen dengan berfoto di sudut-sudut kompleks Makam Bung Karno yang instagramable.

Untuk tarif masuk ke kawasan wisata Makam Bung Karno cukup murah, Anda hanya dikenai biaya sebesar Rp3.000 per orang. Sedangkan untuk tarif parkir khusus bus wisata Rp15.000 dan mobil pengunjung Rp10.000.

Kampung Coklat

Selepas dari kawasan wisata Makam Bung Karno, Anda dapat mengunjungi wisata edukasi Kampung Coklat yang berada di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

Kota Blitar menyandang predikat sebagai kota penghasil kakao atau cokelat nomor 1 di Jawa Timur. Tidak heran jika masyarakat setempat menjadikan perkebunan cokelat ini menjadi lokasi wisata edukasi Kampung Coklat.

Anda bisa menikmati hidangan berbahan dasar cokelat bersama keluarga di sini. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambah ilmu dengan belajar langsung cara pengolahan cokelat dari awal pembibitan hingga akhir dan siap dikonsumsi.

Destinasi wisata ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Pasalnya, selain menyuguhkan aneka hidangan cokelat, souvenir dan edukasi, Kampung Coklat juga menyediakan fasilitas bermain anak, terapi ikan dan live music.

Akses menuju lokasi wisata edukasi Kampung Coklat cukup mudah dan sangat baik dengan jalan aspal yang lebar. Jangan khawatir jika Anda berkunjung dengan membawa kendaraan pribadi karena fasilitas parkir yang disediakan cukup luas.

Untuk bisa menuju ke Kampung Coklat, dari pusat kota Blitar, ikuti jalan utama menuju pantai Tambakrejo. Setelah sampai di lampu merah perempatan Kademangan, ambil arah kiri menuju lokasi wisata Kampung Coklat sekitar 3 km. Tiket untuk masuk ke wisata edukasi Kampung Coklat dibanderol dengan harga Rp5.000 per orang.

Pantai Serang

Ingin menikmati momen matahari terbenam dan senja di pantai? Pantai Serang bisa menjadi pilihan Anda. Pantai ini berada di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, 45 km arah tenggara pusat kota Blitar.

Di antara pantai-pantai yang terletak di pesisir Blitar, pantai Serang merupakan pantai yang memiliki berbagai agenda. Selain digunakan untuk ritual larung saji pada 1 Suro, pantai Serang juga kerap menjadi pusat acara dan festival yang diadakan oleh pemerintah, salah satunya adalah festival layang-layang.

Pada bulan Oktober 2021 lalu, Desa Serang didapuk sebagai 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2021 yang diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Pantai Serang memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan bibir pantai yang landai, sehingga Anda bisa puas bermain di hamparan pasir putih yang indah. Seperti kebanyakan pantai pada umumnya, di lokasi wisata ini menyediakan berbagai hidangan khas laut yang dijajakan oleh warga setempat di warung-warung yang berjejer rapi di sekitar pantai.

Fasilitas yang ditawarkan di sini cukup lengkap seperti parkir, toilet, musholla, pusat oleh-oleh hingga penyewaan ATV dan kursus berselancar.

Jika ingin bermalam, Anda juga bisa melakukan camping di area pantai Serang, yaitu di atas bukit sebelah kiri pantai. Namun jangan khawatir, di Desa Wisata Serang juga tersedia beberapa homestay yang disewakan.

Untuk menuju pantai Serang, Anda memerlukan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat kota Blitar. Berjalan menuju arah Lodoyo, sesampainya di kawasan Lodoyo, ambil arah ke timur menuju Margomulyo.

Ikuti papan petunjuk jalan menuju pantai Serang yang berada di kecamatan Panggungrejo. Jangan khawatir, jalan menuju pantai sangat mudah dilalui oleh kendaraan pribadi. Untuk tiket masuk kawasan pantai Serang, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp7.000 per orang.

Hari Kedua:

Hutan Pinus Loji

Usai menikmati indahnya sunset dan deburan ombak di Pantai Serang, selanjutnya Anda dapat menikmati waktu bersantai di lereng gunung Kelud. Destinasi wisata di Blitar yang tidak kalah menarik dan indah adalah wisata Hutan Pinus Loji yang berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Terletak tepat di lereng gunung Kelud, berwisata di Hutan Pinus Loji, Anda akan disuguhkan dengan panorama alam dan udara yang segar di antara pepohonan pinus yang menjulang tinggi dan berjajar rapi.

Kawasan wisata ini tertata rapi dan bersih dengan fasilitas-fasilitas unik seperti kursi warna-warni, spot selfie, penyewaan hammock dan warung-warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman. Selain itu, Anda juga dapat mencoba arena mini trail yang dapat disewa per jam.

Area rerumputan yang lapang di antara pepohonan sangat cocok untuk Anda bersantai piknik bersama keluarga.

Tidak jauh dari kawasan Hutan Pinus Loji, ke arah utara sekitar 3 km, Anda akan menjumpai lokasi wisata yang legendaris di kabupaten Blitar, yaitu Rambut Monte.

Untuk menuju lokasi wisata ini, dari arah kota Blitar, ikuti Jalan Protokol menuju Wlingi. Sesampainya di Wlingi ambil arah utara melewati perkebunan Bantaran hingga masuk jalur pendakian Gunung Kelud di Desa Tulungrejo. Area Hutan Pinus Loji ini berada tidak jauh dari basecamp pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo.

Akses yang dilalui cukup mudah dengan kondisi jalan aspal yang baik dan dapat dilalui kendaraan roda dua, mobil hingga minibus. Tarif tiket masuk kawasan wisata ini sangat terjangkau, yaitu Rp3.000 per orang.

Candi Penataran

Selain menyuguhkan panorama dan wisata alam yang indah, Blitar juga memiliki bangunan cagar budaya dan bersejarah, salah satunya adalah Candi Penataran. Tidak afdol rasanya berkunjung ke Blitar jika tidak napak tilas di candi yang menjadi peninggalan kerajaan Majapahit ini.

Candi Penataran merupakan candi termegah dan terluas di Jawa Timur yang berada di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, sekitar 12 km arah utara dari pusat kota Blitar.

Kompleks Candi Penataran terdiri dari gugusan bangunan dengan beberapa candi perwara dan balai pendopo yang terletak di depan candi utama.

Area candi yang luas dapat Anda nikmati untuk berfoto dan berkeliling bersama keluarga. Di sebelah utara kompleks Candi Penataran, terdapat kolam renang dan museum Penataran yang dapat menjadi alternatif tujuan wisata Anda.

Area Candi Penataran ini juga cocok dinikmati menjelang petang, sembari menantikan matahari terbenam.

Tidak hanya dikunjungi sebagai destinasi wisata, hingga saat ini Candi Penataran masih aktif digunakan untuk upacara keagamaan dan gelaran festival Kresnayana.

Untuk sampai di lokasi wisata Candi Penataran, dari pusat kota Anda dapat mengambil arah utara sekitar 12 km menuju kecamatan Nglegok dan ikuti papan petunjuk jalan yang tersedia. Tiket masuk Candi Penataran berkisar antara Rp3.000-Rp5.000 per orang.

Itulah rekomendasi wisata di Blitar yang dapat dikunjungi untuk menikmati liburan singkat Anda. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan