Mengetahui Sejarah dan Tema Hari Air Sedunia 22 Maret 2021

  • Whatsapp
Mengetahui Sejarah dan Tema Hari Air Sedunia 22 Maret 2021

Hari ini Senin (22/3/21) adalah peringatan Hari Air Sedunia (World Day for Water). Peringatan Hari Air bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat internasional akan pentingnya air bersih dan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sumber air bersih yang berkesinambungan.

Sejarah Hari Air Sedunia

Dari Sejarah.id, Ide peringatan ini secara resmi diumumkan pada acara Sidang Umum Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pada tanggal 22 Desember 1992 di Kota Rio de Janeiro, Brazil.

PBB bersama anggotanya termasuk negara Indonesia memutuskan Hari Air Dunia jatuh pada tanggal 22 Maret dan mulai diperingati sejak tahun 1993 serta mempromosikan peringatan tersebut melalui kegiatan-kegiatan yang nyata.

Peringatan Hari Air Dunia ini sebagai sarana untuk memupuk semangat dalam melaksanakan agenda pelestarian sumber daya air. Air merupakan komponen utama adanya kehidupan di dunia ini, sehingga mari hargailah air dengan tidak sak geleme dewe (semena-mena) dimanapun air itu berada.

Sebagai contoh kecil, tidak menggunakan sungai sebagai tempat pembuangan sampah atau limbah. Hematlah air sesuai dengan kebutuhan karena di belahan dunia lain kemungkinan masih banyak masyarakat yang kekurangan air bersih.

Tema Hari Air Sedunia 2021

Mengetahui Sejarah dan Tema Hari Air Sedunia 22 Maret 2021

Setiap tahun, tema Hari Air Dunia akan selalu berganti. Untuk itu ditunjuk badan PBB yang berkompeten sebagai koordinator yang sesuai dengan tema pada tahun tersebut. Tema Hari Air Dunia tahun 2021 ini adalah Valuing Water atau menghargai air. Apa makna dari tema ini?

Nilai air sebenarnya adalah lebih dari sekadar harganya. Air memiliki nilai yang sangat besar dan kompleks bagi rumah tangga, budaya, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan keutuhan lingkungan alam. Jika kita mengabaikan salah satu dari nilai-nilai ini, maka tentu saja risikonya adalah pengelolaan sumber daya yang salah, padahal jumlah air terbatas dan tidak tergantikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan