Mengenang Peristiwa Bandung Lautan Api 24 Maret  75 Tahun Lalu

  • Whatsapp
Bandung Lautan Api, Foto: Dok. smartcity.bandung.go.id
Bandung Lautan Api, (Foto: Dok. smartcity.bandung.go.id)

Setiap tanggal 24 Maret, kita memeringati hari Bandung Lautan Api. Peristiwa ini terjadi 75 tahun lalu, tepatnya 23 Maret 1946.

Kala itu, ada sekitar 200.000 masyarakat Bandung yang sengaja membakar rumah mereka sendiri. Setelah itu, ratusan warga tersebut kemudian bertolak menuju pegunungan di daerah selatan Bandung.

Mereka melakukan hal tersebut untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda, yang diketahui memiliki rencana untuk menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer, pada Perang Kemerdekaan Indonesia.

 

10 Stilasi Bandung Lautan Api Diusulkan Jadi Wisata Edukasi

Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mengusulkan agar 10 stilasi jejak Bandung Lautan Api dijadikan sebagai wisata edukasi.

Menurutnya, tujuan dari usulan tersebut agar masyarakat khususnya Bandung mengetahui sejarah. Selain revitalisasi, ia juga turut mengusulkan agar pemerintah membuat jalur sepeda di sekitar kawasan bersejarah itu.

Sebanyak 10 stilasi Bandung Lautan Api tersebut berada di Jalan Ir H. Juanda – Sultan Agung, Jalan Braga, Jalan Asia-Afrika, Jalan Simpang, SD Dewi Sartika, Jalan Ciguriang. Sedangkan empat stilasi lainnya berada di belakang Kampus Unpas, Jalan Jembatan baru, Jalan Asmi, dan Gereja Gloria.

Baca juga: Nawal El Saadawi, Feminis Mesir Meninggal Dunia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan