4 Makanan Khas Lebaran yang Menemani Perayaan Hari Kemenangan

  • Whatsapp
4 Makanan Khas Lebaran yang Menemani Perayaan Hari Kemenangan

Hari Raya Idhul Fitri identik sebagai hari kemenangan umat Islam yang dirayakan setiap 1 Syawal. Makanan khas lebaran biasanya menghiasi meja saat perayaan itu tiba. Lalu, apa saja sih makanan khas lebaran yang tak boleh dilewatkan itu?

Lebaran tak hanya identik dengan bermaaf-maafan dan suasana silaturahmi

Inilah Makanan Khas Lebaran yang Menemani Perayaan Hari Kemenangan

1. Opor Ayam

Opor ayam menjadi sajian utama di meja makan saat Lebaran tiba. Makanan berkuah ini biasanya disajikan untuk keluarga atau tamu yang berkunjung ke rumah untuk bersilaturahmi.

Kuliner satu ini merupakan makanan berkuah santan yang direbus dengan ayam. Kuah santan opor ayam ini mengandung bahan-bahan seperti santan kelapa, serai, kencur, kunyit dan garam. Dalam menyantapnya, biasanya opor ayam disertai pendamping seperti nasi, lontong, ataupun ketupat.

2. Ketupat

Ketupat juga menjadi makanan yang bisa ditemui saat Lebaran. Selain Lebaran, kemungkinan kecil bisa menjumpai kuliner dengan bentuk spesial ini.

Kuliner satu ini merupakan pengganti nasi yang mirip sekali dengan lontong, karena juga terbuat dari beras. Bedanya, jika lontong bentunya bulat panjang dan dibungkus daun pisang, ketupat berbentuk kotak (layang-layang) dan dibungkus anyaman pelepah janur atau plastik.

3. Sambal Goreng Kentang dan Ati

Sebagai teman opor ayam dan ketupat, biasanya di atas meja makan saat Lebaran juga tersaji sambal goreng kentang dan ati. Makan ini menjadi juga disukai banyak masyarakat Indonesia saat merayakan hari kemenangan.

Sesuai dengan namanya, sambal goreng ini terbuat dari bahan-bahan kentang dan ati rempela yang dipotong dadu kecil-kecil. Kentang dan ati rempela itu diberikan bumbu rempah-rempah yang menyatu ketika digoreng.

4. Kue Nastar

Lebaran kurang lengkap rasanya jika tak menyajikan kue nastar di meja untuk tamu. Kue panggang dengan bentuk unik ini dengan mudah bisa ditemui di dalam toples di rumah-rumah warga.

Nastar terbuat dari selai nanas yang dibungkus dengan adonan yang terbuat dari tepung terigu, mentega, telur, dan vanili. Selain sebagai sajian, nastar juga biasa dipakai sebagai isi parsel lebaran yang dikirimkan ke sanak saudara.

Baca juga: Hasil Sidang Isbat: 1 Syawal Bertepatan pada 13 Mei

Pos terkait

Tinggalkan Balasan