Ucapan Eid Mubarak, Arti dan Sejarahnya

  • Whatsapp
Ucapan Eid Mubarak, Arti dan Sejarahnya

Ada berbagai ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang umum terdengar di telinga maupun numpang lewat di akun media sosial. Salah satunya ucapan Eid Mubarak. Apa sih arti dan bagaimana sejarahnya?

Kalimat Eid Mubarak ini umum digunakan oleh kaum muslim dari luar Indonesia. Bisa dibilang, ucapan Eid Mubarak tersebut khuus dipakai oleh penutur bahasa internasional untuk mengucapkan selamat lebaran.

Artinya kurang lebih sama dengan ucapan Selamat Idhul Fitri dalam Bahasa Indonesia. Ucapan ini umum terdengar ketika Ramadhan berakhir dan jelang berganti ke 1 Syawal.

Inilah Sejarah Ucapan Eid Mubarak

Sejatinya, Eid Mubarak berasal dari ungkapan yang ada dalam Bahasa Arab. Ungkapan ini lazim diucapkan umat Islam kepada sesama muslim yang merayakan hari kemenangan.

Secara harfiah, Eid Mubarak sendiri terdiri dari dua kata, yakni ‘Eid’ dan ‘Mubarak’. Eid berasal dari kata Aidul, yang berarti hari raya, sedangkan Mubarak memiliki arti diberkahi.

Jadi, jika diterjemahkan langsung, ungkapan Eid Mubarak ini memiliki arti “Selamat merayakan hari raya yang diberkahi oleh Allah SWT”. Bisa juga, ungkapan tersebut diartikan kurang lebih “Selamat Hari Raya Idul Fitri untukmu.”

Jawaban untuk Ucapan Eid Mubarak

Lalu, bagaimana harus menjawab ungkapan Eid Mubarak jika ada yang mengucapkannya kepada kita? Pasti bagi kamu yang beru saja mendengar ungkapan tersebut akan bertanya-tanya.

Jika mendapatkan ucapan Eid Mubarak dari teman atau siapa pun, balaslah dengan ungkapan “Khair mubarak.” Artinya sederhana, yakni “Baik, selamat hari bahagia untukmu juga.”

Orang Arab sendiri biasanya membalas ungkapan Eid Mubarak dengan ucapan yang sedikit berbeda. Mereka bisa menjawab, “Eid saeed lakum ‘aydaan.” Ungkapan itu memiliki arti kurang lebih “Selamat Hari Raya Idul Fitri juga untukmu.”

Baca juga: 4 Makanan Khas Lebaran yang Menemani Perayaan Hari Kemenangan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan