5 Tips Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

  • Whatsapp
5 Tips Khatam Al-Qur'an di Bulan Ramadhan

Banyak umat Muslim yang memiliki cita-cita dapat khatam Al-qur’an di bulan Ramadhan.

Jika ingin khatam Al-Qur’an di bulan Ramadhan sangat mudah sekali. Anda tidak perlu capek dan menghabiskan waktu untuk menyelesaikannya. Cukup istiqomah dan disiplin menjaga waktu, insya Allah bisa khatam Al-Qur’an selama sebulan.

Jika ingin mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan sangat mudah sekali. Anda tidak perlu capek dan menghabiskan waktu untuk menyelesaikannya. Cukup istiqomah dan disiplin menjaga waktu, insya Allah bisa khatam Al-Qur’an selama sebulan.

Lalu, bagaimana cara mengkhatam Al-Qur’an 3 kali selama Ramadhan? Kalau 1 juz sehari bisa khatam sekali di bulan Ramadhan, maka Anda harus menyelesaikan 3 juz sehari agar bisa khatam 3 kali selama Ramadhan.

Tips Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Apabila 3 juz sehari, maka 10 hari kita akan dapat mengkhatamkan Al-Qur’an. Berikut cara mengkhatamkan Al-Qur’an di Bulan Ramadhan:

UNTUK 1 KALI KHATAM:

1. Shalat Subuh 4 halaman
2. Shalat Zhuhur 4 halaman
3. Shalat Ashar 4 halaman
4. Shalat Maghrib 4 halaman
5. Shalat Isya 4 halaman

UNTUK 2 KALI KHATAM:

1. Shalat Subuh 8 halaman
2. Shalat Zhuhur 8 halaman
3. Shalat Ashar 8 halaman
4. Shalat Maghrib 8 halaman
5. Shalat Isya 8 halaman

UNTUK 3 KALI KHATAM:

1. Shalat Subuh 12 halaman
2. Shalat Zhuhur 12 halaman
3. Shalat Ashar 12 halaman
4. Shalat Maghrib 12 halaman
5. Shalat Isya 12 halaman

Selain hal di atas, cobalah beberapa cara berikut ini agar khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

1. Buat Jadwal yang Teratur

Tips pertama, mulailah dengan membuat jadwal membaca Al-Qur’an yang tepat dan tentunya harus teratur. Tujuan dari dibentuknya jadwal ini agar bisa tahu perkiraan kapan akan khatam Al-Qur’an. Selain itu, kamu bisa lebih mudah mengerjakan pekerjaan lain tanpa bentrok dengan jadwal membaca Al-Qur’an.

Inspirasi jadwal membaca Al-Qur’an yang baik bisa dibuat dengan membagi waktu membaca dalam sehari menjadi lima waktu. Setelah selesai menjalankan ibadah shalat wajib, biasakan membaca Al-Qur’an terlebih dahulu. Lakukan kegiatan tersebut dengan rutin sesuai jadwal yang telah disusun tadi.

2. Selalu Bawa Al-Qur’an Mini Kemana dan Kapan Saja

Jika kamu sedang berada di luar atau dalam perjalanan, mungkin akan bingung bagaimana tetap istiqomah membaca Al-Qur’an. Tenang saja, masalah tersebut bisa diselesaikan dengan selalu membawa Al-Qur’an berukuran mini kemana saja. Saran ukuran mini ini bertujuan agar tidak terlalu berat dan repot untuk dibawa kemanapun saat bepergian.

Dengan menggunakan tips ini, kamu bisa tetap membaca Al-Qur’an di sela kesibukan dalam perjalanan. Selain ukurannya yang mini dan ringan, Al-Qur’an ini tidak memakan banyak ruang ketika diletakkan dimana saja. Jadi, kamu bisa mengandalkan Al-Quran mini untuk tetap Istiqomah membaca Al-Qur’an.

3. Install Aplikasi Al-Qur’an

Selanjutnya manfaatkan kecanggihan teknologi dengan menginstall aplikasi Al-Qur’an. Di zaman yang canggih ini sudah banyak bertebaran aplikasi Al-Qur’an yang bisa diinstall di berbagai jenis device. Saat ini orang-orang juga didominasi dengan penggunaan smartphone di kehidupan sehari-hari.

Manfaat menggunakan aplikasi Al-Qur’an pada smartphone ini juga sangat beragam. Selain karena keefektifannya dalam memanfaatkan teknologi yang ada, aplikasi Al-Qur’an juga dikenal lebih praktis. Jadi, meskipun sedang berada di tengah perjalanan, kamu tetap bisa mencicil baca Al-Qur’an agar bisa khatam.

Baca Juga: Sedekah Online: Simak Hukum dan Tips Aman Sedekah Lewat Aplikasi Ini

4. Berlatih Membaca Satu Juz dalam Satu Hari

Lanjut lagi kamu bisa menargetkan selesai membaca satu juz selesai dalam satu hari. Cara ini sudah sangat familiar bagi mereka yang suka menjalankan tadarus setiap malam selama bulan Ramadhan. Karena target mereka adalah satu hari selesai satu juz, sehingga dalam sebulan bisa khatam membaca Al-Qur’an sebanyak 30 juz.

5. Menabung Bacaan pada Awal Bulan Ramadhan

Tips terakhir yaitu dengan menabung setiap bacaan-bacaan Al-Qur’an di awal bulan Ramadhan. Tidak jarang banyak orang terlalu bersemangat mengkhatamkan Al-Qur’an di awal bulan Ramadhan saja. Ternyata rasa malas datang di tengah bulan dan menyebabkan tidak khatam Al-Qur’an seperti rencana awal.

Untuk menghindari hal seperti itu, usahakan menabung sedikit demi sedikit di awal bulan Ramadhan. Kamu bisa mencicil bacaan-bacaan Al-Qur’an di awal bulan ketika masih dalam perasaan semangat yang besar. Tujuan tips ini yaitu supaya tidak kewalahan di akhir bulan mendekati hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: 5 Tips Olahraga di Bulan Ramadan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan